Minggu, 31 Mei 2015

Tips Belajar dalam Menghadapi Ujian

Halo readers,

Hari Senin udah UKK (Ujian Kenaikan Kelas) aja nih. Cepat banget waktu berlalu ya, rasanya baru beberapa minggu yang lalu kita masuk SMA dan sekarang udah mau naik ke kelas XI aja. Demi kelancaran dalam mengerjakan soal soal UKK, tim SAKURALISTIK sudah merangkum berbagai tips belajar yang efektif guna mencapai keberhasilan dalam ujian. Let's check this out!!

(sumber: google.com)
 

1. Dalam belajar, kita harus fokus tentunya. Nah, untuk mencapai fokus tersebut, kita bisa melakukan banyak cara. Sebagai contoh:
  • Buat jadwal. Sebelum ulangan di sampai di depan mata, kita bisa buat jadwal dulu nih. Misal, kita targetkan dalam satu hari kita belajar berapa materi pelajaran. Dengan menggunakan cara ini juga kita bisa sekaligus melatih kedisiplinan kita.
  • Pilih waktu yang tepat untuk belajar. Pengetahuan kita tentang diri kita di uji di cara ini. Kalau kita bukan tipe orang yang tahan beraktivitas sampai malam, kita bisa memulai belajar dari sekitar pukul 16.00. Atau kebalikannya, apabila kita tipe orang yang tahan begadang, kita bisa belajar di malam hari. Tapi, jangan sampai pas ulangan kita ngantuk ya. Bahaya tuh.
  • Pasang lagu lagu kesukaan. Usahakan jangan pasang lagu yang kamu hafal liriknya ya, nanti bisa bisa bukannya belajar, malah nyanyi hahaha. Jenis musik yang paling pas untuk di dengar saat belajar adalah musik klasik karena dapat meningkatkan konsentrasi. Di coba ya!!
  • Take some snacks. Boleh juga nih nyiapin makanan ringan biar mencegah ngantuk. Tapi jangan sampai bukunya dianggurin dan malah asyik ngemil ya hahaha. Untuk cara ini boleh juga digunakan walaupun ada beberapa pendapat bahwa membaca sambil makan itu gak baik. Jadi, lebih baik sebelum belajar kita isi dulu perut kita supaya tubuh bisa bekerja maksimal. Oh iya, minum air putih bisa membantu memperlancar kerja otak biar lebih fokus lho!!
  • Take time to rest. Harus banget nih pintar pintar mengelola waktu antara waktu belajar dan waktu istirahat. Otak juga butuh istirahat lho, kalo terus kita paksain ujung ujungnya otak kita menolak semua materi yang kita berikan.
  • Set your goals. Ini penting banget nih. Supaya fokus, kita bisa coba untuk menetapkan tujuan kita. Misal, jadi ranking di kelas, atau universitas yang mau kita tuju. Atau mungkin, tujuan jangka pendek seperti menargetkan nilai yang akan kita dapat. Saat kita malas belajar, cobalah untuk mengingat tujuan awal kita. Yakin deh, pasti langsung semangat lagi!!

2. Say goodbye to gadgets. Gak ada salahnya dong untuk meninggalkan gadgets untuk sementara waktu. Toh, dunia akan terus berputar walau kita gak tau kabar untuk beberapa jam he he he. Berikut cara yang di nilai cukup ampuh untuk menjauhi diri dari gadgets:
  • Kalau kita suka belajar sambil mendengarkan lagu, lebih baik masukkan lagu itu ke playlist favorit cd player atau kalau ingin mudah dengarkan di radio. Kalau kita tetap mendengarkannya di gadget, kita cenderung akan iseng menyentuh gadget itu dan akan terus berkelanjutan. Gagal deh bisa bisa.
  • Set "busy" status on every social media you have. Biar orang lain tahu, kalau kamu lagi fokus dan serius belajar, at least mereka juga gak akan terlalu mengganggu kita yang sedang belajar. Atau cara yang lebih mudah dengan menaruh gadgets jauh jauh dari kita saat belajar. Karena semakin jauh gadget, maka semakin besar juga effort kita buat ngambil gadget itu. Sounds like a formula? Ha-ha-ha.
  • Silent handphone atau matikan bila perlu. Cara ini bisa dibilang, cara terakhir yang yang bisa dipakai kalau tangan kita masih saja gatal pengin main handphone. Biar kita gak terpengaruh sama suara suara notifikasi dan kawan kawannya.

3. Set the strategy.
  • Make a summary. Kita bisa bikin rangkuman dari materi yang bakal diujikan dan dihias dengan spidol warna warni atau kita bisa sertakan gambar gambar yang sesuai
  • Mind mapping. Mind map adalah mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Cara ini mempermudah otak untuk menangkap informasi baru. Mind map ini juga bisa melatih kreativitas dan inovasi lho!!
(sumber: google.com)

Kurang lebih itulah tips dalam belajar versi tim SAKURALISTIK. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menempuh ujian, readers!!😊

Tim Redaksi,
Pelangi Berliania A. N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar